-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Kerajinan Tas

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh proposal usaha kerajinan tas. Kerajinan tas merupakan salah satu usaha yang termasuk kreasi seni. Tidak sedikit masyarakat yang pandai mengolah kerajinan sehingga dibentuk menjadi sebuah tas.

Jika kerajinan tas ini dibuat sebagai usaha, maka diperlukan proposal usaha. Mengapa diperlukan proposal usaha? Jawabannnya ada dua: pertama; untuk pedoman bagi pemiliki usaha itu sendiri, dan kedua; tentunya untuk dipromosikan kepada banyak orang.

Di sini kita akan membahas contoh proposal usaha kerajinan tas. Tentunya agar lebih jelas dan mudah dimengerti, kita akan belajar juga cara membuatnya. Lihat tentang cara membuat proposal usaha untuk lebih lengkapnya.

Proposal Usaha Kerajinan Tas


Berikut ini cara membuat dan contoh proposal usaha kerajinan tas.


1. Buat cover

Cover merupakan halaman muka. Cover proposal usaha dapat dibuat sederhana atau pun dibuat menggunakan aplikasi pengolah gambar. Di sini dicontohkan cover yang sederhana. Isi dari cover itu sendiri kurang lebih adalah judul proposal, logo, alamat, dan tahun.

2. Buat poin latar belakang

Selanjutnya adalah membuat poin latar belakang. Latar belakang proposal usaha dibuat dengan cara menguraikan alasan pengusaha memulai usahanya. Untuk proposal usaha kerajinan tas ini latar belakangnya adalah menguraikan urgensitas kerajinan agar menjadi profit.

3. Buat poin deskripsi bisnis

Poin deskripsi bisnis merupakan penjelasan mengenai bisnis yang akan kita jalankan. Pada contoh proposal kerajinan tas ini dijelaskan mengenai tempat usahanya. Dijelaskan juga mengenai produk tasnya. Dan dijelaskan pula mengenai target pasar untuk penjualan kerajinan tas ini.

4. Buat poin analisis swot

Analisis SWOT merupakan suatu metode analisa untuk melihat indikator keberhasilan suatu bisnis atau usaha. Termasuk untuk usaha kerajinan tas ini pula terdapat analisis SWOT-nya.

5. Buat poin RAB

RAB merupakan rencana anggaran biaya untuk suatu kegiatan, termasuk kegiatan usaha. Untuk usaha kerajinan tas ini, kita rencanakan segala kebutuhan yang dapat diperkirakan jumlah dan harganya. Kemudian dituliskan dalam poin RAB.

6. Buat poin penutup

Poin penutup layaknya proposal yang lainnya, proposal usaha pun memerlukan poin penutup. Inti dari penutup proposal adalah penegasa tentang isi proposal dan harapan agar yang diproposalkan dapat berjalan lancar.

Download Contoh Proposal Usaha Kerajinan Tas

Sekian saja pembahasan mengenai contoh proposal usaha kerajinan tas ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Kerajinan Tas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel